Rabu, 25 Januari 2017

Manfaat dan Khasiat Tempuyung untuk Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat dan Khasiat Tempuyung untuk Mengatasi Batu Ginjal,- Tempuyung (Sonchus arvensis L) merupakan tumbuhan yang sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman obat tradisonal atau herbal, dan salah satu tumbuhan yang masuk ke dalam kategori multifungsi. Daun tempuyung merupakan daun tunggal yang berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing. Pada bagian pangkal daun bertoreh warna hijau. Warna daun tempuyung adalah hijau keunguan dengan permukaan yang Iicin dengan tepi yang berombak, bergerigi, dan tidak beraturan. Daun yang bergerigi tadi terpusat membentuk roset di dekat pangkal batang.

Manfaat dan Khasiat Tempuyung untuk Mengatasi Batu Ginjal

Daun bergerigi pada bagian atas berselang-seling memeluk batang. Nah, bagian yang berombak dan memeluk batang inilah yang paling berkhasiat. Tinggi tempuyung antara 60-150 cm dengan batang yang berlubang dan bergetah hijau. Bunga tempuyung berupa malai dengan kelopak berbentuk lonceng dan berbulu. Sedangkan buah tempuyung berbentuk kotak dengan rambut hitam dan berusuk lima. Tempuyung termasuk tumbuhan familia Asteraceae (Aster-asteran). Ia merupakan tumbuhan herba menahun, tegak, mengandung getah, dan mempunyai akar tunggang yang kuat. 



Manfaat dan Khasiat Tempuyung untuk Mengatasi Batu Ginjal


Manfaat daun tempuyung untuk batu ginjal diantaranya :
  • Dapat mengatasi penyakit saluran kencing
  • Dapat mengatasi penyakit batu empedu
  • Dapat mengatasi penyakit darah tinggi
  • Dapat mengatasi penyakit kegemukan (obesitas)
  • Dapat mengatasi penyakit masitis
  • Dapat mengatasi penyakit bisul
  • Dapat mengatasi luka bakar
Khasiat Kandungan Daun Tempuyung

Tempuyung memiliki rasa yang sifatnya pahit dan mendinginkan. Kandungan kimia yang terdapat pada tempuyung antara lain oc-laktuserol, P-laktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid, dan taraksasterol.

Dengan kandungan tersebut, tempuyung mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menetralkan dan melancarkan peredaran darah, memperlancar pengeluaran air kencing, menurunkan panas, menawarkan racun, serta pendengaran berkurang.

Telah banyak penelitian yang mengamati dan meneliti khasiat tempuyung dalam mengatasi batu ginjal. Sifat diuretic pada tempuyung jelas membantu memperlancar pembuangan air kecil sehingga mempermudah peluruhan batu ginjal. Selain itu, kandungan kalium dalam jumlah tinggi pada tempuyung membuat batu ginjal yang berupa kalsium karbonat tercerai berai hingga larut ke dalam urine. Di Cina daun tempuyung digunakan sebagai obat dan insektisida.

Cara Mengolah Tempuyung

Cara pemakaian tempuyung sebagai obat adalah dengan cara merebusnya. Kemudian air rebusannya diminum. Selain itu, tempuyung juga digunakan sebagai obat memar akibat benturan dengan cara digiling atau ditumbuk halus, lalu ditempelkan pada bagian yang bengkak, menghilangkan rasa lesu, dan pegal-pegal. Daun tempuyung dan batang  mudanya juga bisa dijadikan sebagai lalapan dengan cara dikukus.


Itulah  manfaat dan khasiat daun tempuyung untuk mengatasi batu ginjal yang bisa menginspirasi Anda untuk mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat

Artikel terkait :


Manfaat dan Khasiat Tempuyung untuk Mengatasi Batu Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar