Jumat, 27 Januari 2017

Buah-Buahan yang Dianjurkan untuk Pengidap Batu Ginjal

Buah-Buahan yang Dianjurkan untuk Pengidap Batu Ginjal,- Buah-buahan memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, karena buah-buahan mengandung banyak vitamin. Mengkonsumsi buah yang kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan vitamin A,C,E, dan rendah kalium dapat menjaga ginjal Anda tetap sehat.

Buah-Buahan yang Dianjurkan untuk Pengidap Batu Ginjal


Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang yang sebagian dilindungi oleh tulang rusuk punggung, berguna untuk memfilter racun dari darah, mengatur kadar air dan garam, mengatur tekanan darah dan keseimbangan pH. Dengan mengkonsumsi buah, dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH Anda, membangun sistem kekebalan tubuh, peradangan lebih rendah, dan melindungi terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular.

Buah-Buahan yang Dianjurkan untuk Pengidap Batu Ginjal


Berikut ini adalah buah-buahan yang dianjurkan untuk pengidap batu ginjal, diantaranya:

1. Pisang 

Pisang adalah buah yang tinggi akan kalium dan rendah magnesium yang dapat membantu mengatasipembentukan batu ginjal.

2. Apel

Buah apel dapat mengurangi kolesterol dan membuat Anda teratur. Dalam bentuk pengolahannya, apel sering  dijadikan sebagai cuka. Cuka apel ini mengandung asam sitrat yang melembutkan dan melarutkan batu ginjal. Cuka apel diketahui memiliki efek alkalizing pada darah dan urine, helpingdigestion yang baik untuk memecahkan dan menghapus batu ginjal. Efek ini membantu proses pencernaan secara keseluruhan dengan merangsang produksi asam klorida yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal baru. Selain dengan jus apel, makan 2 apel segar setiap hari secara rutin juga bisa dilakukan untuk merasakan efeknya.

3. Anggur

Jus anggur dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti batu ginjal, gangguan pencernaan, gangguan kantong empedu dan wasir. Para peneliti menganjurkan untuk meminum segelas jus anggur, sebelum sarapan dan sebelum makan malam.

4. Cranberry

Cranberry dapat menjaga urine lebih asam untuk membantu mencegah infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan infeksi ginjal.

5. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Semangka juga sangat tinggi kalium, suatu bentuk garam yang dapat membantu tubuh dalam melarutkan batu ginjal.

6. Jeruk

Jeruk mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk meningkatkan kalsium dalam urine, sehingga tidak menumpuk menjadi batu ginjal. Jeruk bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, karena jus akan meningkatkan volume cairan urine sehingga dapat melarutkan pembentukan batu ginjal.

7. Stroberi

Stroberi mnerupakan sumber vitamin yang dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, peradangan dan melawan radikal bebas yang berperan dalam proses penyakit. Dalam sebuah studi menjelaskan bahwa  stroberi mengandung senyawa yang disebut fisetin, yang dapat mengurangi masalah pada ginjal.

8. Blueberry

Blueberry adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan phyto-kimia yang mampu menyingkirkan radikal bebas yang merusak. Blueberry juga dapat mencegah seseorang terkena penyakit batu ginjal. Karena kandungan alami dalam blueberry dapat membantu meringankan kerja berat ginjal dalam menetralisir dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

9. Ceri

Ceri menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi bagi openderita penyakit ginjal. Kartena buah ceri tidak memiliki banyak protein, sehingga mengkonsumsi ceri dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal.

Itulah informasi tentang buah-buahan yang dianjurkan untuk pengidap batu ginjal yang bisa Anda konsumsi agar ginjal tetap terjaga dan sehat. Konsumsilah dengan porsi yang sesuai, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Semoga bermanfaat..
Salam sehat, by http://penyakitbatuginjalherbal.blogspot.com


Simak juga artikel lainnya:

Buah-Buahan yang Dianjurkan untuk Pengidap Batu Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar