Senin, 23 Januari 2017

15 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal,- Ginjal adalah organ tubuh yang bekerja keras dengan luar biasa. Ginjal bertindak sebagai filter untuk racun dalam darah kita, menyerap mineral dan nutrisi, memproduksi urine, menghasilkan hormon dan menjaga asam yang normal untuk rasiobasa. Manusia tidak bisa hidup tanpa ginjal yang dapat berfungsi dengan baik.

15 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal


Jika Anda ingin memastikan ginjal Anda tetap sehat dan terus bisa melayani kesehatan Anda di masa mendatang, maka Anda harus menghindari beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan ginjal rusak, di antaranya adalah:


15 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

 

1. Kurang Minum

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah asupan cairan di dalam tubuh karena apabila tubuh kekurangan cairan sedikit saja,  maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Kekurangan cairan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yaitu salah satunya adalah kurang minum, kebiasaan kurang minum ini bisa merusak kesehatan ginjal Anda.

2. Menahan Buang Air Kecil

Saat seseorang menahan buang air kecil, ginjal ada dalam posisi tertekan. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, seseorang bisa berisiko mengalami gagal ginjal.

3. Konsumsi Kopi dan Soft Drink Berlebih

Minum kopi atau soft drink secara berlebihan dapat merusak ginjal. Kadar kafein yang terdapat dalam dua minuman tersebut bisa meningkatkan tekanan darah yang bisa membebani ginjal.

4. Konsumsi Garam Berlebihan

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan natrium dari garam untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Namun mengkonsumsi terlalu banyak garam, bisa menaikkan tekanan darah, yang pada akhirnya akan membebani ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah pada ginjal lebih tinggi daripada tekanan darah pada tubuh secara keseluruhan. Konsumsi garam yang sehat, secara praktisnya yang baik adalah tidak lebih dari 5 gram setiap hari.

5. Kurang Tidur

Tidur membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan ginjal. Kurang tidur  atau memiliki gangguan tidur, bisa berdampak langsung pada kesehatan ginjal. Pada malam hari tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pada ginjal, sehingga istirahat malam akan memberikan waktu bagi tubuh untuk melakukan tugasnya tersebut.

6. Konsumsi Gula Berlebihan

Secara ilmiah orang yang mengkonsumsi dua atau lebih minuman yang manis setiap hari, lebih mungkin untuk mendapatkan protein dalam urine mereka. Protein yang terdapat dalam urine, merupakan pertanda awal bagi orang tersebut jika ginjalnya tidak melakukan fungsinya dengan sebagaimana mestinya.

7. Kurang Vitamin B6

Kekurangan vitamin B6 meningkatkan risiko batu ginjal. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, seperti buncis, dan kentang.

8. Kurang Magnesium

Mineral ini penting dalam proses penyerapan dan distribusi kalsium dalam tubuh. Jika kalsium tertumpuk di ginjal, maka akan menyebabkan batu ginjal.

9. Konsumsi Protein Berlebihan

Diet tinggi protein tidak baik untuk kesehatan ginjal. Sebab,  kebanyakan produk protein mengandung amonia (racun). Semakin banyak protein yang dikonsumsi, semakin keras ginjal bekerja.

10. Sering Mengkonsumsi Soda

Minuman bersoda tidak hanya membuat seseorang menjadi obesitas tetapi juga bisa merusak kesehatan ginjal.

11. Merokok

Merokok berkaitan erat dengan arthrosclerosis, yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini mempengaruhi suplai darah ke seluruh organ penting di tubuh, termasuk ginjal.

12. Kurang Olahraga

Cara lain yang baik untuk melindungi ginjal Anda tetap sehat adalah dengan melakukan olahraga. Sebuah studi komprehensif dalam journal of American Society of Nephrology yang diterbitkan pada tahun 2013 menyatakan bahwa wanita menopause yang berolahraga memiliki 31% lebih sedikit risiko terkena batu ginjal.

13. Sering Minum Obat Kimia

Banyak orang yang terbiasa selalu meminum obat-obatan kimia. Sebelum Anda memilih obat kimia, pikirkan juga efek sampingnya. Semua obat-obatan farmasi memiliki efek samping dan banyak dari obat-obatan tersebut menyebabkan kerusakan ginjal dan hati.

14. Konsumsi Obat Penghilang Nyeri Secara Berlebihan

Penggunaan berlebihan atau tanpa pengawasan ahli kesehatan, obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan kerusakan parah pada hati dan ginjal.

15. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Racun dalam alkohol tidak hanya merusak hati, sebagaimana yang diyakini oleh banyak orang. Tetapi alkohol juga dapat merusak ginjal.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal yang patut Anda hindari, semoga artikel ini bermanfaat.
Salam sehat by Cara Mengobati Batu Ginjal



Artikel terkait:

15 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar