Kamis, 17 Mei 2018

7 Jenis Sayuran Bagi Penderita Ginjal Bocor yang Baik Dikonsumsi

7 Jenis Sayuran Bagi Penderita Ginjal Bocor yang Baik Dikonsumsi,- Pada umumnya, sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh kita karena mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti antioksidan, antiinflammasi, mineral dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi sayuran, proses penyembuhan penyakit yang Anda derita akan lebih cepat membaik walaupun tidak memakai obat-obatan secara intensif, termasuk penyakit ginjal bocor.


Ginjal bocor termasuk penyakit yang perlu diwaspadai. Apabila tidak diantisipasi dengan baik ginjal bocor dapat mengakibatkan munculnya penyakit ginjal lain yang lebih parah seperti gagal ginjal. Ginjal bocor adalah salah satu penyakit ginjal yang dapat diderita oleh semua orang, terutama yang memiliki gaya hidup dan pola makan yang buruk.

7 Jenis Sayuran Bagi Penderita Ginjal Bocor yang Baik Dikonsumsi

Tidak semua jenis sayuran dapat dikonsumsi oleh penderita ginjal. Beberapa sayuran seperti misalnya sayuran yang mengandung kadar potassium cukup tinggi sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan meningkatnya risiko pembentukan batu ginjal, apalagi bila penderita telah memiliki riwayat ginjal bocor. Lalu, jenis sayuran apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor?

7 Jenis Sayuran Bagi Penderita Ginjal Bocor


Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran bagi penderita ginjal bocor yang baik dikonsumsi, antara lain:

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Warna hijaunya menunjukkan kandungan klorofil yang tinggi serta banyak vitamin dan mineral lainnya. Dengan memakan brokoli, ginjal anda dapat terbantu dengan cukup baik. Anda bisa memakannya dalam kondisi mentah atau dibuat sayur. Namun ingat, apabila anda membuat sayur jangan memberikan terlalu banyak garam yang bisa memperberat kinerja ginjal anda. Saat ginjal bocor anda dapat memanfaat brokoli untuk membantu menyembuhkan ginjal anda sembari meringankan beban kerjanya.

2. Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang baik untuk ginjal. Secara umum, kubis mengandung vitamin C, B6, vitamin K, dan juga kalium. Dengan memakan kubis, keadaan ginjal anda dapat menjadi sehat dan juga terhindar dari berbagai bahaya lainnya. Namun patut diingat bahwa kandungan kalium dapat berakibat negatif pada ginjal anda bila anda mengonsumsinya terlalu banyak. Sebelum mengonsumsi kubis, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran dengan kadar vitamin A yang banyak. Selain itu, wortel juga mampu mencegah hipertensi serta merupakan salah satu sayuran yang tepat untuk para penderita ginjal bocor. Wortel juga mampu mengontrol diabetes sehingga ginjal yang sudah bocor tidak akan menjadi lebih parah karena potensi diabetes juga ikut berkurang.

Untuk mengonsumsi wortel, anda dapat melakukannya dengan cara memakannya secara mentah atau menjadikannya sebagai sebuah masakan dalam bumbu tertentu, seperti sayur sop misalnya. Namun demikian, harus anda sadari bahwa pemakaian bumbu-bumbu tertentu dalam membuat sayur dapat menyebabkan sayur itu buruk untuk ginjal, misalnya sayur yang mengandung terlalu banyak garam saat proses memasaknya.

4. Paprika Merah

Sayuran yang baik untuk penderita ginjal bocor berikutnya adalah paprika merah. Paprika merah ini merupakan salah satu sayuran yang bisa membantu sistem tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat dibantu kesembuhan atau pencegahannya dengan mengonsumsi paprika merah secara rutin adalah penyakit ginjal dan juga beberapa jenis kanker seperti kanker payudara.

5. Tauge

Tauge atau kecambah adalah salah satu sayuran yang dapat anda konsumsi saat anda menderita penyakit ginjal bocor. Tauge akan membantu tubuh anda untuk membersihkan ginjal anda dan menghindari pembentukan batu ginjal yang dapat memperparah kondisi ginjal anda yang sudah mengalami sakit tersebut. Sebaiknya anda tidak mengonsumsi tauge dalam bentuh yang sudah diolah seperti menjadi sayur tertentu, namun langsung di makan mentah begitu saja setelah dibersihkan dengan air bersih.

6. Kembang kol

Kembang kol adalah makanan yang sangat baik dan ramah bagi ginjal kita. Memakan kembang kol dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat kita mengalami dampak-dampak negatif tertentu. Kandungan gizi yang ada di dalam kembang kol antara lain vitamin C, serat dan folat yang dapat membantu kesehatan ginjal kita. Selain itu, kembang kol juga mengandung komposisi lainnya yang penting untuk hati serta mampu menetralkan senyawa berbahaya yang masuk melalui tubuh kita.

Anda dapat mengonsumsi kembang kol secara langsung atau memakannya dalam bentuk sayur (lauk) untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Namun perlu anda perhatikan agar tidak membuat sayur yang malah memperberat kinerja ginjal anda karena mengandung terlalu banyak potassium atau garam.

7. Seledri

Sayuran yang satu ini mungkin telah sering dipakai sebagai bumbu atau penyedap di berbagai masakan yang kita makan. Pada dasarnya, seledri adalah salah satu sayuran yang banyak manfaatnya untuk tubuh kita, salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan tubuh dan mampu membersihkan ginjal dari berbagai macam kotoran. Beberapa kandungan di dalam seledri cukup banyak dan beragam, seperti misalnya vitamin B1, vitamin B6, vitamin C dan lain sebagainya. Selain itu sayuran yang satu ini juga memiliki dapat berperan sebagai diuretik yang dapat membantu dalam menjerat atau mengumpulkan air dan racun sehingga meningkatkan jumlah produksi urine menjadi lebih banyak dan lebih mudah.

Itulah beberapa 7 jenis sayuran bagi penderita ginjal bocor yang baik dikonsumsi. Dengan demikian ginjal anda yang mengalami kebocoran dapat mengalami penyembuhan secara alami dan bertahap hingga dia menjadi sehat kembali.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat...

Simak juga:



Salam sehat, by:


7 Jenis Sayuran Bagi Penderita Ginjal Bocor yang Baik Dikonsumsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar