Senin, 20 November 2017

Manfaat Jambu Biji Untuk Demam Berdarah

Manfaat Jambu Biji Untuk Demam Berdarah,- Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dangue yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Angka prevalensi penderita penyakit demam berdarah di Indonesia sendiri cukup tinggi. Menurut DepKes RI pada tahun 2014 penderita demam berdarah tercatat sebanyak 71.668 orang dan 641 meninggal dunia.

Untuk membantu mempercepat penyembuhan, pasien demam berdarah dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Salah satunya adalah jambu biji.

Manfaat Jambu Biji Untuk Demam Berdarah


Manfaat Jambu Biji Untuk Demam Berdarah

Buah yang memiliki nama latin psidium guajava ini memiliki banyak kandungan vitamin A, C, Mineral serta zat lainnya yang diperlukan. Semua bagian dari tanaman jambu biji terbukti meiliki kandungan tannin. Pada bagian daun, tanaman jambu biji memiliki kandungan asam ursolat, kratogolat, oleonolat, psidiolat, dan guajaverin.

Jambu biji juga kaya akan fiber yang diketahui membantu mencegah kanker saluran cerna dan menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin C dalam buah ini lima kali lebih banyak disbanding jeruk. Vitamin ini terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luar yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C dalam jambu biji sanggup memenuhi kebutuhan harian anak berusia 13–20 tahun yang mencapai 80–100 mg per hari serta orang dewasa yang mencapai 70–75 mg per hari.

Berikut adalah manfaat jambu biji untuk demam berdarah, yaitu:

1. Menurunkan demam

Pada fase awal demam berdarah, penderita biasanya akan mengalami kenaikan suhu tubuh secara drastis dan berlangsung sekitar 4-6 hari. Dalam sebuah studi yang dilakukan kepada penderita demam berdarah, pasien diberikan jus jambu sebanyak 500 gram. Hasilnya, durasi demam turun secara drastis hingga setengah kali lipatnya yaitu 2-3 hari.

2. Mempercepat pembentukan trombosit darah baru

Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam tubuh Anda bertanggung jawab untuk memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru. Karena pasien demam berdarah sebaiknya makan makanan atau minuman yang mudah dicerna, sebaiknya proses dulu jambu biji jadi jus yang lembut. Kandungan airnya juga baik untuk mencegah dehidrasi.

3. Membantu menghentikan pertumbuhan virus

Jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin berfungsi sebagai antiperadangan, antihistamin, dan antioksidan yang mujarab sehingga bisa mencegah pembentukan enzim mRNA. Enzim inilah yang akan membuat virus dengue semakin kuat dan menyebar dalam tubuh pasien DBD. Maka, jangan lewatkan manfaat jambu biji ini untuk melawan infeksi virus secara alami.

4. Sumber kalsium dan mineral

Selain mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi penting, jambu biji juga mengandung berbagai jenis mineral serta kalsium. Untuk meningkatkan jumlah keping darah, Anda membutuhkan kalsium dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, fosfor juga bisa memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran. Anda bisa menemukan kalsium serta mineral-mineral tersebut dalam jambu biji.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dan yang terakhir adalah kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji, vitamin C ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Kandungan vitamin C pada buah jambu biji lebih tinggi daripada buah lainnya. Jambu biji sangat tepat untuk dipilih sebagai obat demam berdarah alami karena terdapat zat lainnya juga yang membantu dalam mengobati demam berdarah. Dalam setiap 100g jambu biji mengandung sekitar 183 vitamin C.

Cara Mengolah Jambu Biji Untuk Demam Berdarah

Cara 1:

Pertama siapkan dan cuci bersih 3 jambu biji matang dan mengkal. Kemudian, jambu yang sudah matang di blender sampai halus, lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.

Jus jambu ini diminum 3 x sehari sampai demajm berdarah sembuh. Untuk buah yang mengkal, dapat langsung dimakan bersama kulitnya. Biji buah jangan ikut dimakan (dapat menyebabkan usu buntu).

Cara 2:

Cuci dan bersihkan 1 kg daun jambu biji segar, kemudian potong kecil-kecil (dirajang). Blender potongan daun tersebut dengan air secukupnya hingga halus, saring dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian:

  • Masukkan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.
  • Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk ½ liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai sembuh.

Demikianlah informasi mengenai manfaat jambu biji untuk demam berdarah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...


Manfaat Jambu Biji Untuk Demam Berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar