Kamis, 10 Agustus 2017

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal,- Ginjal merupakan organ yang berperan sangat penting untuk menyaring darah dari racun. Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan normal adalah dengan menjaga pola asupan makanan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dan garam, dapat membuat kinerja ginjal semakin berat.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal


Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Bagi penderita gagal ginjal mengatur asupan makanan dalam tubuh merupakan salah satu yang dapat dilakukan untuk menghindari komplikasi atau terjadinya penyakit ginjal yang lebih parah lagi. Berikut adalah pantangan makanan untuk penderita gagal ginjal yang harus Anda ketahui dan hindari, antara lain:

1. Makanan Tinggi Kalium

Pakar nutrisi akan merekomendasikan penderita gagal ginjal untuk menghindari makanan yang tinggi kalium serta merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah kalium. Makanan yang mengandung tinggi kalium adalah kentang, bayam, tomat, pisang, dan jeruk. Sedangkan makanan yang rendah kalium adalah apel, buncis, kubis, anggur, dan stroberi.

2. Makanan Olahan dengan Tambahan Garam

Natrium dalam garam dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh sehingga jumlah asupan makanan yang mengandung natrium harus dibatasi, terutama  jika penderita mengidap tekanan darah tinggi dan edema (pembengkakan). Makanan dengan olahan dan tambahan garam yang harus dihindari penderita gagal ginjal adalah makanan beku, sup kalengan, dan makanan cepat saji, cemilan asin, sayuran kaleng, keju olahan, dll.

3. Makanan Tinggi Protein

Mengkonsumsi protein secara berlebih dapat menyebabkan produksi limbah dalam tubuh menjadi berlebih, dan akan memberatkan fungsi ginjal. Makanan tinggi protein yang harus dihindari adalah daging, telur, susu, dan berbagai produk dari olahan susu seperti keju dan yoghurt.

4. Makanan Tinggi Fosfor

Fosfor merupakan salah satu mineral yang banyak ditemukan pada makanan seperti susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan, coklat, bit, cola, dan selai kacang. Kelebihan jumlah fosfor dalam darah penderita gagal ginjal dapat melemahkan tulang dan menyebabkan kulit gatal-gatal.

5. Asupan Cairan dalam Tubuh

Beberapa makanan atau minuman yang dapat meningkatkan cairan dalam tubuh Anda seperti anggur, melon, salada, es krim, sup, tomat, dan lain-lain. Bagi penderita gagal ginjal sebaiknya membatasi cairan yang Anda minum atau konsumsi karena akan membuat kondisi semakin buruk dan ketika Anda sedang melakukan dialisis ini sangat berbahaya karena cairan dapat menumpuk dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit lain seperti sesak napas.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat sebagai solusi untuk mengobati gagal ginjal secara alami tanpa efek samping. Terbukti Ampuh, Aman, Tanpa Operasi. Info lebih lengkap klik >> Cara Mengobati Gagal Ginjal

Itulah pantangan makanan untuk penderita gagal ginjal yang harus dihindari agar proses penyembuhan yang Anda jalani dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat..


Baca juga:

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar