Sabtu, 17 Juni 2017

11 Anjuran Makanan Untuk Penderita Asma Bronkial

11 Anjuran Makanan Untuk Penderita Asma Bronkial,- Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang pernapasan. Hal ini terjadi karena adanya penyempitan saluran pernapasan yang menyebabkan penderitanya sulit bernapas, dada terasa sesak dan terasa nyeri.

Meskipun penyakit asma bronkial tidak mematikan, namun harus menjadi perhatian karena jika tidak mendapatkan perawatan yang serius penyakit asma dapat menjadi permanen seumur hidup. Bagi Anda yang menderita asma bronkial, Anda dapat menjaga dan merawat kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

11 Anjuran Makanan Untuk Penderita Asma Bronkial

 11 Anjuran Makanan Untuk Penderita Asma Bronkial

1. Pisang

Selain rasanya yang enak, buah ini memiliki khasiat yang baik untuk membuat sistem pernapasan menjadi lebih kuat. Hal ini dibuktikan oleh Imperial Collage London, yang menyatakan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi 1 buah pisang setiap harinya dapat mengurangi risiko terserang gejala asma seperti mengi.

2. Alpukat

Alpukat mengandung salah satu jenis antioksidan yakni glutation yang baik untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sehingga risiko kambuhnya asma dapat berkurang. Selain dapat mencegah asma, alpukat juga baik untuk diet karena dapat mengurangi kolesterol.

Baca juga: Penyebab Dan Gejala Asma Bronkial

3. Bayam

Sayuran hijau ini memiliki sejumlah nutrisi untuk melawan penyakit asma seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin E, kalium, dan magnesium adalah sumber vitamin yang baik dalam memerangi asma.

4. Kubis

Sayuran yang biasa kita temukan pada sayur sop dan capcay ini ternyata memiliki manfaat untuk mengusir asma. Kubis merupakan sumber vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas dalam proses kontraksi otot pada saluran napas dalam.  Fitokimio beta-karoten yang dikandungnya juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah dan mengurangi gejala asma.

5. Brokoli

Brokoli merupakan makanan sehat untuk penderita asma. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi brokoli selama 3 hari berturut-turut memiliki peningkatan senyawa antioksidan yang signifikan untuk mengontrol peradangan saluran napas yang berhubungan dengan asma bronkial.

6. Kiwi

Buah kiwi merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi, mencegah, dan mengobati asma. Hal ini terbukti dapat membantu anak-anak yang mengalami gejala masalah pernapasan yang berhubungan dengan asma. Buah mengandung vitamin C yang tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebuah study menyatakan anak-anak yang rajin mengkonsumsi buah kiwi 6-7 porsi per minggu mengalami penurunan intensitas gejala mengi hampir setengah dari biasanya, dibandingkan dengan anak-anak yang makan sedikit buah-buahan.

7. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dapat membantu mencegah dan meringankan gejala asma. Jahe juga mengandung zat anti-inflamasi yang kuat yang berkhasiat untuk meredakan peradangan.

8. Kunyit

Rempah-rempah berwarna kuning ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak zaman nenek moyang, salah satunya dapat mengobati penyakit asma dan penyakit lainnya.

9. Biji rami

Biji rami merupakan makanan yang kaya akan magnesium yang dapat mengendurkan otot-otot pada bronkus sehingga pernapasan akan tetap lancar dan gejala kambuhnya asma dapat berkurang. Biji rami juga kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk mencegah terjadinya peradangan pada saluran pernapasan.

10. Wortel

Selain vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, wortel juga mengandung beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat mengurangi dan mencegah terjadinya asma akibat olahraga. Selain itu wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung, kanker, dan alzheimer.

11. Bawang putih

Bawang putih sudah diakui kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai penyakit sejak zaman dulu. Penelitian baru menemukan bahwa bawang putih efektif menjaga kesehatan kardiovaskular, mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu penderita asma untuk menghambat aktifitas enzim tertentu yang menghasilkan zat inflamasi.


Itulah 11 anjuran makanan untuk penderita asma bronkial, selain dengan mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mengatur pola hidup yang lebih sehat. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma.

Bagi Anda penderita penyakit asma bronkial yang sudah melakukan berbagai pengobatan namun tak kunjung sembuh, kami merekomendasikan obat herbal asma bronkial QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti ampuh mengobati asma bronkial secara alami sampai tuntas. Untuk Informasi lebih lengkap klik >> Cara Mengobati Asma Bronkial

Semoga bermanfaat...

11 Anjuran Makanan Untuk Penderita Asma Bronkial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar