Selasa, 30 Mei 2017

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya,- Asam lambung adalah cairan pada saluran pencernaan yang terdapat pada lambung, terdiri dari asam klorida. Zat tersebut memberikan efek baik dan buruk pada tubuh manusia.

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Asam lambung naik atau GERD adalah suatu kondisi naiknya asam lambung yang terjadi karena gangguan di lambung. Hal ini disebabkan karena lambung mengalami iritasi yang menyebabkan banyaknya produksi asam lambung sehingga kadar cairan asam dalam saluran pencernaan menjadi berlebih dan tidak seimbang. Ketidakseimbangan asam lambung dalam tubuh akan menyebabkan rasa tidak nyaman terutama sakit perut pada waktu yang lama.

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya


  • Kekurangan vitamin dan mineral » Orang yang kekurangan vitamin dan mineral rentan terhadap gangguan asam lambung. Vitamin dan meineral penting untuk menjaga keseimbangan asam lambung dalam tubuh.
  • Diet ketat » Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh mengakibatkan produksi asam lambung menjadi terganggu. Orang yang sedang diet pada umumnya memiliki asam lambung yang tinggi.
  • Makanan pedas » Dapat memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri pada lambung. Serta dapat membuat sakit perut dan gangguan pencernaan lain.
  • Stres » Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.
  • Konsumsi alkohol berlebihan » Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena dapat menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.
  • Infeksi bakteri (Helicobacter pylori) » Bakteri masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang kurang bersih yang menyebabkan tubuh tidak mengahsilkan asam lambung.
  • Makan tidak teratur » Makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan sistem pada pencernaan. Hal ini terjadi karena jarak waktu kerja sistem terlalu jauh sehingga menyebabkan asam lambung naik.
  • Konsumsi kafein berlebihan » Kafein dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebih.
  • Kurang tidur atau kurang istirahat » Memiliki potensi besar untuk memproduksi asam lambung yang berlebihan.
  • Konsumsi serat berlebihan » Mengkonsumsi makanan berserat hanya dapat menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu yang khusus untuk mencerna makanan, hal ini  akan membuat produksi asam lambung terus meningkat.
  • Kanker pada lambung » Kanker yang menyerang lambung juga dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

Untuk mencegah asam lambung naik, ada banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya perbanyak minum air putih, mengatur pola makan, berolahraga secara teratur, kurangi makanan yang bersifat asam dan instan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam mengatasi asam lambung,  diantaranya:

  • Mengunyah makanan lebih lama, bertujuan untuk membuat makanan yang masuk ke dalam lambung mudah dicerna dan dapat memberikan kandungan air pada makanan menjadi lebih banyak.
  • Susu, susu mengandung kalsium tinggi dan berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Sehingga sangat dianjurkan bagi Anda penderita asam lambung untuk mengkonsumsi susu 1 gelas setiap harinya.
  • Jahe, jahe adalah  tanaman  yang bersifat anti-inflamasi yang sangat bagus untuk gangguan saluran pencernaan.
  • Cuka sari apel, mengandung enzim dan asam sehat yang dapat menetralkan asam lambung dan merupakan obat yang efektif untuk Anda yang sedang terkena asam lambung.
  • Oatmeal, makanan sehat ini sangat bagus untuk untuk mengatasi asam lambung, dengan sarapan oatmeal setiap harinya dapat mengurangi produksi asam lambung.
  • Teh chamomile, jenis obat herbal ini sangat bagus untuk asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi secangkir teh ini sewaktu hangat untuk mengatasi asam lambung.
  • Lidah buaya, lidah buaya sangat bagus untuk mengatasi peradangan pada saluran pencernaan dan berperan sebagai zat anti-mikroba. Lidah buaya juga sangat bagus untuk gangguan pencernaan.

Demikianlah informasi mengenai penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat..

Kini hadir solusi terbaik untuk mengobati asam lambung secara alami dengan reaksi cepat yakni QnC Jelly Gamat. Untuk informasi selengkapnya klik >> Cara Mengobati Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

 Simak juga artikel lainnya:
Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar