Jumat, 19 Mei 2017

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya,- Sekarang obat alami lebih banyak diminati karena berasal dari bahan-bahan herbal alami yang bebas dari kandungan senyawa kimia yang dapat membahayakan tubuh, serta tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, keberadaannya yang banyak ditemukan di pekarangan rumah atau tumbuh liar di ladang membuat kita lebih mudah mendapatkannya.

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya


Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya

Tanaman obat dipercaya sejak zaman dulu mampu mengobati berbagai penyakit salah satunya penyakit asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian seperti kaki, lulut, tangan, dan pergelangan kaki. Penyakit ini biasanya menyerang pada usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan usia muda juga dapat tersebut asam urat.

Berikut adalah beberapa tumbuhan obat untuk asam urat alami dan cara membuatnya yang patut Anda coba, diantaranya:

1. Sambiloto

Sambiloto sudah banyak dikenal sebagai obat herbal kesehatan. Didalam daun sambiloto terdapat senyawa laktone yang berfungsi sebagai Anti-bakteri, anti-radang, penghilang nyeri, pereda demam, dan penawar racun. Selain itu, daun sambiloto mengandung zat aktif androgapholid yang bermanfaat untuk pengobatan asam urat.

Cara Membuatnya:
Cuci 5-10 lembar daun sambiloto sampai bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minuman air rebusan tersebut 3 kali sehari, 1 jam diminum sebelum makan, atau 2 jam setelah makan.

2. Kumis Kucing

Kumis kucing mengandung garam kalium berkhasiat dapat melarutkan batu ginjal. Selain itu kumis kucing juga dapat membantu tubuh dalam membuang asam urat yang berlebih melalui urin.

Cara Membuatnya:
Rebus kumis kucing dengan 3 gelas air bersama jahe, dan daun meniran yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Rebus sampai mendidih dan tersisa setengahnya, lalu angkat dan diamkan sampai dingin. Minum ramuan ini di pagi dan malam hari sampai rasa sakit hilang.

3. Daun Salam

Daun salam memiliki kandungan senyawa alami seperti minyak atsiri, tanin, minyak essensial, ekstrak metanol yang bermanfaat dalam mengobati penyakit asam urat.

Baca juga: Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Asam Urat

4. Daun Sirsak

Didalam daun sirsak terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat mengobatai penyakit asam urat.

Cara Membuatnya:
Rebus daun sirsak dengan 2 gelas air yang sebelumnya sudah dipotong-potong dan dicuci bersih sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu, angkat dan minum dalam keadaan hangat-hangat kuku. Minum secara teratur 2 kali sehari 1 gelas, diminum pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

5. Sidaguri

Akar sidaguri mengandung steroid, alkaloid, dan aphredine yang berkhasiat untuk meredakan peradangan, meluruhkan kecing, dan menghilangkan nyeri.

Cara Membuatnya:
Rebus akar sidaguri sebanyak 15 gram ke dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa setengahnya. Minum setelah dingin sebanyak setengah gelas setiap hari.

6. Tanaman Anting-anting

Tanaman ini mengandung antiradang, antidiebetik, antioksidan, antiaging, astringer, glucoronidase inhibitor yang mampu mengobati asam urat.

Cara Membuatnya:
Cusi bersih akar anting-anting kering kemudian potong-potong. Rebus ke dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Lalu saring dan biarkan hingga dingin. Minum ramuan ini 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

7. Meniran

Meniran memiliki kandungan senyawa yang dipercaya mampu mengobati asam urat seperti damar, tanin, hipofilantin, dan filantin.

Cara Membuatnya:
Cuci meniran sampai bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Angkat dan biarkan sampai dingin, lalu diminum sebanyak 2 kali sehari.

8. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah asli Indonesia yang sudah terkenal akan khasiatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit salah satunya dapat meredakan nyeri akibat asam urat.


Cara Membuatnya:
Siapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, kemudian memarkan dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

9. Bunga Rosela

Bunga rosela mengandung zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh diantaranya vitamin C dan protein essensial. Bunga rosela juga dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat.

Cara Membuatnya:
Siapkan 5 kelopak bunga rosela kering dan sudah dicuci bersih. Kemudian seduh dengan air panas sebanyak 200cc, tambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Minum ramuan ini secara rutin dan teratur agar khasaitnya cepat terasa.

Demikianlah informasi mengenai obat alami asam urat dari tumbuhan dan cara membuatnya, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda orang yang sibuk dan tidak mau repot?

Tidak perlu khawatir!!!

Kini hadir... QnC Jelly Gamat

Obat herbal 100% Alami Tanpa Efek Samping


Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya

Informasi selengkapnya kunjungi >> Cara Mengobati Asam Urat



Simak juga artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar