Senin, 01 Mei 2017

9 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

9 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari,- Asam urat dapat terjadi ketika kristal urat terakumulasi di persendian yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan hebat akibat serangan asam urat. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia lanjut. Sama halnya dengan kolesterol, asam urat juga dapat memicu munculnya penyakit lain seperti gagal ginjal dan diabetes.

9 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Tubuh manusia menghasilkan asam urat pada saat memecah zat purin yang terdapat secara alami di dalam tubuh atau terdapat pada makanan. Jika Anda terkena asam urat, hal yang harus Anda lakukan adalah menghindari makanan penyebab asam urat. Makanan dengan zat purin tinggi dapat memperparah asam urat. Lalu, makanan apa saja yang dapat menyebabkan asam urat? Berikut adalah 9 makanan penyebab asam urat yang harus dihindari:


9 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari


1. Seafood

Berbagai makanan laut atau seafood merupakan musuh bagi penderita asam urat, seperti udang, lobster, kepiting, ikan tuna, salmon, sarden, cumi-cumi, kerang dan jenis seafood lainnya yang harus Anda hindari.

2. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi terdapat pada domba, sapi, kambing, dan kuda. Memakan daging kambing atau domba terlalu sering dapat memicu tekanan darah tinggi. Selain daging merah, daging putih juga harus dibatasi meskipun memiliki kadar purin rendah. Daging putih berasal dari hewan unggas seperti, ayam, bebek, angsa, kalkun dan lainnya.

3. Jeroan

Jeroan memang memiliki rasa gurih dan disukai banyak orang tetapi jeroan mengandung purin yang sangat tinggi yang tidak baik untuk penderita asam urat. Jeroan seperti, ampela, usus, hati, otak, limpa, ginjal, paru , dan lidah harus dihindari agar tidak memperparah penyakit asam uart.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati dengan banyak kandungan purin. Diantaranya kacang tanah, kacang hijau, mete, kacang polong, dan kacang kedelai harus dihindari pendeita penyakit asam urat.

5. Sayur-sayuran

Sayuran memang termasuk makanan sehat yang sangat dianjurkan, namun tidak semua sayuran baik untuk penderita asam urat seperti bayam, jamur, kangkung, asparagus, kembang kol, buncis, daun pepaya, daun singkong, dan biji melinjo. Jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran tersebut, Anda harus membatasinya agar tidak berlebihan. Selain sayuran, buah-buahan seperti durian, nanas, dan kelapa muda juga harus dihindari penderita asam urat.

6. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti abon, dendeng, ikan sarden, kornet sapi, tempe, roti, ragi, tauco, oncom dan lainnya tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, agar terhindar dari gejala asam urat yang semakin parah.

7. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi yang mengandung soda harus dihindari penderita asam urat. Selain soda, minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh juga harus dihindari.

8. Alkohol

Minuman alkohol seperti wine dan bir mengandung purin tinggi yang tidak baik untuk penderita asam urat Karena dapat memicu peradangan asam urat. Oleh karena itu, harus dihindari agar gejala asm urat tidak semakin parah.

9. Makanan dengan Lemak Tinggi

Beberapa makanan berlemak tinggi seperti susu, keju, es krim, gorengan, makanan bersantan dan berbagai jenis kue harus dihindari oleh penderita asam urat.

Demikianlah informasi mengenai 9 makanan penyebab asam uart yang harus dihindari supaya tidak penyakit asam urat yang Anda derita tidak semakin parah. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Untuk membantu pengobatan Anda, kami menyarankan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat yang EFEKTIF mengobati asam urat sampai ke akarnya secara alami dengan reaksi cepat. Informasi lebih lengkap klik >> Cara Mengobati Asam Urat

9 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar