Kamis, 02 Februari 2017

Waspadai Kencing Batu pada Pria, Kenalilah Ciri-Cirinya!

Waspadai Kencing Batu pada Pria, Kenalilah Ciri-Cirinya!,- Ginjal merupakan organ tubuh yang rentan terhadap penyakit yang timbul, salah satunya adalah batu ginjal. Kencing batu atau yang sering disebut batu ginjal adalah penyakit yang membuat saluran kandung kemih menjadi terganggu. Kencing batu terbentuk ketika terjadi perubahan dalam keseimbangan normal air, mineral, garam dan hal lain yang di temukan dalam air seni. Biasanya jenis yang paling umum dari kencing batu adalah berasal dari kalsium yang bercampur dengan oksalat.

Waspadai Kencing Batu pada Pria, Kenalilah Ciri-Cirinya!


Kenalilah Ciri-Ciri Kencing Batu pada Pria

Penyakit kencing batu pada pria di diagnosis tidak menunjukkan gejala, dan akan di ketahui secara tidak sengaja saat melakukan pemeriksaan analisa air kemih secara rutin. Pengobatan pada penyakit kencing batu yang tidak menunjukkan gejala, biasanya tidak perlu di atasi. Dengan minum banyak air, akan membantu untuk mengeluarkan batu di dalam tubuh.

Berikut adalah ciri-ciri kencing batu pada pria:
  1. Kesulitan saat buang air kecil dan sering buang air kecil pada malam hari dengan tiba-tiba, air seninya mengalami perubahan warna menjadi keruh dan berdarah kalau sudah parah.
  2. Bengkak pada mata serta rasa sakit, apabila terjadi pada usia dini akan timbul gejala bengkak pada tangan dan kaki.
  3. Batu di dalam kandungn kemih menyebabkan nyeri di perut bagian bawah.
  4. Mual dan muntah, perut kembung, demam, menggigil, air kemih mengandung darah dan penderita akan sering buang air kecil.
  5. Rasa nyeri hebat yang timbul dan hilang, biasanya di daerah punggung antara tulang rusuk dan tulang pinggang yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha dalam.
  6. Kencing batu dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, jika batu menyumbat aliran kemih. Bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadi infeksi.
  7. Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan ginjal.
Dalam pencegahannya, Anda dapat melakukan pola hidup sehat, konsumsi air putih minimal 8 gelas/hari, pola makan yang teratur, gizi yang seimbang, olahraga teratur, untuk Anda yang memiliki aktifitas duduk perbanyak konsumsi air putih dan istirahat cukup bisa menstabilkan daya tahan tubuh agar tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit yang berisiko.

Itulah informasi mengenai  kencing batu pada pria yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat..

 Waspadai Kencing Batu pada Pria, Kenalilah Ciri-Cirinya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar