Rabu, 08 Februari 2017

Penyakit Kencing Batu dan Pengobatannya

Penyakit Kencing Batu dan Pengobatannya,- Kencing batu adalah suatu kondisi terbentuknya benda padat seperti batu di saluran kencing yang terjadi akibat proses pengapuran kristal hasil sekresi tubuh atau zat-zat sisa yang tidak dapat terpecah secara sempurna sehingga mengalami pengendapan. Batu tersebut terdapat di ginjal, saluran kemih, dan saluran kencing.


Penyakit Kencing Batu dan Pengobatannya


Secara statistik, pria memiliki risiko lebih tinggi terkena kencing batu daripada wanita. Tetapi wanita juga harus berhati-hati karena kencing batu pada wanita juga mengalami peningkatan. Faktor usia dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kencing batu. Pada usia lebih dari 60 tahun berisiko lebih besar untuk menderita kencing batu. Namun sekarang, banyak orang yang masih muda menderita penyakit kencing batu salah satunya karena faktor pola hidup yang tidak sehat.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kencing batu, antara lain karena penurunan fungsi filtrasi ginjal akibat faktor usia atau infeksi bakteri, faktor genetik, penumpukan zat-zat akibat konsumsi suplemen dan zat-zat kimia tertentu, kurangnya konsumsi air putih,  dan akibat sering menahan buang air kecil.

Ciri-Ciri Kencing Batu yang Harus Diwaspadai

Batu pada saluran kencing dapat berukuran kecil dan besar. Semakin besar ukurannya, maka akan semakin menghambat saluran kencing dan menimbulkan banyak keluhan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kencing batu:
  • Adanya darah dalam urine.
  • Sakit saat berkemih.
  • Sakit pinggang.
  • Sering buang air kecil tetapi air seni yang keluar sedikit-sedikit.
  • Demam.
  • Badan mudah lelah.
  • Mual dan muntah.

Cara Pengobatan Kencing Batu

Jenis pengobatan kencing batu dilakukan berdasarkan besar kecilnya batu, faktor penyebab dan jenis batu. Pengobatan yang lakukan untuk mengobati kencing batu ada 2 cara, yaitu dengan pengobatan medis dan pengobatan tradisional.

Pengobatan kencing batu secara medis, diantaranya adalah:


  • Tindakan Operasi, ditujukan untuk mengangkat batu yang ukurannya besar. Dokter akan melakukan pembedahan dan mengangkat batu yang terdapat di saluran kencing.
  • Ureterorenoskopi, yaitu prosedur pengangkatan kencing batu dengan menggunakan sebuah alat yaitu ureteroskop yang dimasukan ke ureter melalui uretra dan kandung kemih. Alat yang menyerupai selang kecil ini dilengkapi dengan kamera dan lampu untuk melihat letak batu tersebut dan setelah letak batu diketahui, batu akan dihancurkan. Ureterorenoskopi biasanya dilakukan untuk menangani batu yang terjebak di dalam ureter.
  • Cystolitholapaxy, yaitu cara untuk menghancurkan batu di dalam kandung kemih sampai menjadi kepingan kecil dengan laser, ultrasound, atau alat mekanis. Setelah menjadi kepingan kecil, dokter akan mengeluarkannya bersamaan dengan urine. Jika menggunakan prosedur ini penderita akan berisiko terkena infeksi dan cedera pada kandung kemih. Dokter akan memberikan antibiotik sebelum memulai prosedur ini untuk mengurangi risiko infeksi.

Pengobatan kencing batu secara tradisional, diantaranya sebagai berikut:
 
1. Kumis Kucing

Kumis kucing sering dipakai oleh orang tua zaman dulu sebagai obat salah satunya untuk mengatasi kencing batu. Caranya adalah dengan merebus 25 gram daun kumis kucing, 25 daun ngokilo, 25 gram daun meniran dan akarnya, dan 25 gram daun keci beling. Semua bahan di cuci bersih, kemudian rebus ke dalam 4 gelas air sampai mendidih. Saring air rebusan dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

2. Daun Sirsak

Daun sirsak bermanfaat untuk pengobatan penyakit ginjal. Daun sirsak dapat membantu mengeluarkan dan juga mengikis kristal batu ginjal.  Caranya  dengan merebus beberapa daun sirsak, kemudian saring air rebusan dan minum  secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

3. Kulit Manggis

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi yaitu xanthone yang bersifat diuretic, yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit ginjal. Dengan mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus, ekstrak manggis, dan lainnya secara teratur, maka sedikit demi sedikit kencing batu akan luruh dan akan keluar dari ginjal melalui urine.

4. Konsumsi Air Putih

minum air putih merupakan obat kencing batu yang paling efektif untuk mengencerkan zat-zat yang pekat di dalam ginjal dan saluran kencing sehingga zat-zat tersebut tidak mengendap menjadi batu yang lebih besar tetapi dapat keluar dengan lancar bersama urine. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, dapat mengurangi risiko Anda terkena kencing batu.

Penyakit kencing batu sangatlah mengganggu dan menyakitkan, jika tidak segera diobati bisa mengganggu kesehatan tubuh lainnya secara tidak langsung. Mengobati pada tahap awal lebih baik daripada mengobati penyakit yang sudah masuk ke tahap komplikasi. Terutama ke tahap infeksi saluran kemih atau gagal ginjal. Sebelum terlambat, jagalah kesehatan tubuh Anda sejak dini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat..

Simak artikel lainnya:
 Penyakit Kencing Batu dan Pengobatannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar