Senin, 13 Februari 2017

Khasiat Kencur untuk Kencing Batu

Khasiat Kencur untuk Kencing Batu,- Kencur (Kaempferia Galanga) merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu ada di dapur. Tidak hanya itu, kencur ternyata merupakan salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat. Kencur adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur diarea pegunungan maupun dataran rendah.

Khasiat Kencur untuk Kencing Batu


Kencur merupakan tanaman herbal alami yang dikategorikan dalam keluarga temu temuan. Tanaman kencur ada 2 jenis, yaitu kencur yang berdaun lebar terhampar di atas tanah dan kencur yang berdaun sempit agak tegak.

Khasiat dan Kandungan Alami Kencur

Analisa laboratorium menyatakan bahwa kencur mengandung minyak atsiri yang tersusun dari 23 jenis senyawa. 7 senyawa diantaranya adalah senyawa aromatik, monoterpena, dan seskuiterpena. Jenis kandungan minyak atsiri yang ada pada kencur adalah zat paraeumarin, zat asam anisatsineol, zat asam metil kanil, zat pentadekaan, zat asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, alkaloid dan gom.

Berdasarkan kandungan di atas, tanaman kencur dapat mengatasi berbagai macam penyakit secara alami diantaranya untuk penyakit kencing batu. Penyakit kencing batu atau batu yang terdapat di saluran kemih yang merupakan penyakit yang banyak diderita. Penyakit kencing batu merupakan cikal bakal dari penyakit gagal ginjal.

Khasiat kencur dalam mengatasi berbagai macam penyakit sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sebagai bahan dalam membuat ramuan herbal tradisional. Untuk memanfaatkan kencur sebagai obat alami untuk kencing batu sangat mudah. Berikut adalah resep ramuannya:


Bahan:
  • 2 rimpang kencur
  • 1 gelas air hangat 
  • garam secukupnya

Caranya:
  1. Kencur dicuci sampai bersih
  2. Parut kencur hingga halus
  3. Larutkan parutan kencur ke dalam air hangat
  4. Selanjutnya, tambahkan garam secukupnya, aduk rata
  5. Saring air ramuan dan minum 1 kali sehari
  6. Lakukan secara rutin dan teratur

Selain untuk mengobati kencing batu secara alami, kencur juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatannya lainnya seperti mengobati perut mulas, keseleo, diare, batuk, masuk angin, radang lambung, sakit kepala, batuk berdahak pada anak, memperlancar haid dan masih banyak lagi khasiat kencur lainnya.

Itulah informasi mengenai khasiat kencur untuk kencing batu yang harus Anda ketahui dan bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mengobati kencing batu secara alami. Semoga bermanfaat..

Baca juga artikel lainnya:

Khasiat Kencur untuk Kencing Batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar