Selasa, 14 Februari 2017

Apa itu Nefrolitiasis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Apa itu Nefrolitiasis? Kenali Penyebab dan Gejalanya,- Nefrolitiasis atau batu ginjal merupakan suatu penyakit yang salah satu gejalanya adalah pembentukan batu di dalam ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting yang berfungsi untuk menyaring serta mengeluarkan kelebihan mineral atau racun dari dalam tubuh melalui urine. Ginjal juga dapat mengatur tekanan darah dan mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan menetralkan sifat asam dari makanan yang dikonsumsi.


Apa itu Nefrolitiasis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam ketika urine berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal. Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan yang permanen. Pengobatan rasa sakit dan minum banyak air merupakan bagian dari pengobatan yang dibutuhkan.

Penyebab Batu Ginjal 

Batu ginjal terdiri dari suatu endapan yang berada dalam ginjal yang bentuknya seperti batu atau seperti kristal yang dapat menghambat pada saluran ginjal, saluran kemih, dan kandung kemih. Batu endapan yang terdapat dalam ginjal atau dalam saluran kemih berasal dari banyak faktor, ada yang terbentuk dari kalsium, asam urat atau fosfat, dan biasanya terdiri dari berbagai kombinasi unsur-unsur diatas.

Penyebab batu ginjal berdasarkan jenis batu ginjal:
  • Batu Kalsium
    Jenis batu ini merupakan yang paling umum terjadi, biasanya dalam bentuk kalsium oksalat. Oksalat adalah zat alami yang di temukan dalam makanan. Makanan yang mengandung oksalat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, cokelat, dan hati. Batu kalsium juga dapat terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.
  • Batu Struvite
    Batu struvite terbentuk akibat infeksi seperti infeksi saluran kemih. Batu ini dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi cukup besar, dan bahkan menimbulkan gejala atau rasa sakit.
  • Batu Asam Urat
    Batu asam urat terbentuk pada orang yang kurang mengkonsumsi cairan atau kehilangan banyak cairan, makan makanan tinggi protein, dan yang memiliki penyakit asam urat.
  • Batu Sistin
    Batu sistin biasanya terbentuk pada orang dengan gangguan fungsi ginjal yang menurun yang menyebabkan ginjal mengeluarkan terlalu banyak asam amino tertentu (cystinuria). Jenis ini merupakan yang paling langka dari batu ginjal.

Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal atau nefrolitiasis tidak selalu menimbulkan gejala, gejala batu ginjal akan timbul jika batu tersebut bergerak pada saluran-saluran didalam ginjal. Berikut adalah gejala-gejala batu ginjal:
  1. Nyeri saat buang air air kecil
  2. Nyeri pinggang, perut bagian bawah dan pangkal paha
  3. Lebih sering buang air kecil
  4. Selalu ingin buang air kecil
  5. Warna urine berubah atau berdarah
  6. Urine keruh dan bau busuk
  7. Mual dan muntah
  8. Demam dan menggigil

Itulah sekilas informasi tentang penyakit nefrolitiasis, penyebab dan gejalanya, semoga bermanfaat dan untuk Anda yang menderita batu ginjal semoga lekas sembuh.

Baca juga artikel lainnya:


Apa itu Nefrolitiasis? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar