Sabtu, 28 Januari 2017

Sayuran untuk Penderita Batu Ginjal

Sayuran untuk Penderita Batu Ginjal,- Ginjal yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat dan ginjal yang tidak sehat akan menghasilkan tubuh yang tidak sehat.  Penyakit ginjal dapat datang dengan berbagai sebab seperti pola hidup khususnya dalam hal asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain buah-buahan, sayuran tertentu juga bisa dijadikan membantu mengatasi batu ginjal.

Sayuran untuk Penderita Batu Ginjal


Sayuran untuk Penderita Batu Ginjal


Berikut adalah jenis sayuran yang cocok dikonsumsi untuk penderita batu ginjal:

1. Touge atau Kecambah

Touge adalah salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Touge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal.

2. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Selain vitamin, paprika sangat rendah kalium tetapi mengandung asam folat dan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Bawang Merah  
Bawang merah berperan sebagai penawar racun serta pembersih ginjal. Mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu dalam proses terapi batu ginjal.

4. Bawang Putih

Bawang putih menjadi satu bahan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah.

5. Mentimun

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa ekstrak buah mentimun atau Cucumis sativus diyakini memiliki kandungan yang bagus untuk mempercepat proses pelarutan batu. Selain itu, mentimun juga  mampu mengurangi pembentukan batu ginjal.

6. Kubis

Kubis menjadi makanan yang cocok bagi penderita penyakit ginjal. Kubis mengandung banyak vitamin dan dapat menjadi karbohidrat yang baik. Kubis memiliki manfaat sebagai peningkat fungsi ginjal dan membuat ginjal menjadi lebih sehat.

7. Bunga Kol

Bunga kol memiliki kandungan dan juga nutrisi lebih banyak daripada sayuran lainnya. Bunga kol juga memiliki zat yang dapat meringankan beban kerja pada ginjal, sehingga mengkonsumsi bunga kol dapat terhindar dari kerusakan ginjal.

Sayuran yang diolah dengan cara dikukus lebih baik untuk Anda pilih. Selain mengkonsumsi makanan sehat, memperbanyak minum juga dianjurkan untuk Anda agar terhindar dari terbentuknya batu ginjal dan mempermudah batu ginjal keluar dari saluran kemih.

Itulah beberapa sayuran untuk penderita batu ginjal yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat
Sayuran untuk Penderita Batu Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar