Sabtu, 28 Januari 2017

Pengaruh Batu Ginjal pada Kehamilan

Pengaruh Batu Ginjal pada Kehamilan,- Timbulnya penyakit ginjal pada saat kehamilan sungguh bisa menimbulkan risiko yang tinggi. Penyakit ginjal pada ibu hamil, meskipun belum masuk stadium lanjut tapi dapat mempengaruhi janin yang dikandungnya. Karena kotoran dalam darah akan meracuni janin. Akibatnya janin akan meninggal dalam kandungan, minimal pertumbuhan janin akan terganggu racun dalam darah dan berakibat janin terlahir secara cacat atau premature.

Pengaruh Batu Ginjal pada Kehamilan


Pengaruh Batu Ginjal pada Kehamilan


Penyakit ginjal pada masa kehamilan dapat menyebabkan kematian dan merusak fungsi ginjal dengan kemungkinan untuk sembuh kembali akan sulit. Penyebab yang sering timbul yaitu karena abortus septik yang disebabkan oleh bakteri Chlostridia Welchii atau Streptokokkus.

Wanita hamil sangat rentan mengalami penyakit ginjal karena terkadang ibu hamil sulit untuk mengosongkan kandung kemih secara keseluruhan. Sehingga memungkinkan urine mengalir kembali ke ureter. Hal ini dapat menyebabkan bakteri dengan mudah masuk dan berkembangbiak yang dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke ginjal.

Lalu, apa penyebab batu ginjal pada kehamilan?

Ada beberapa penyebab yang berkontribusi pada pengembangan batu ginjal terhadap kehamilan, diantaranya:
  • Gen
    Faktor genetik dapat berkontribusi untuk pembentukan batu ginjal. Dengan insiden yang tinggi dari hiperkalsiuria atau dimana jumlah abnormal tinggi kalsium dalam urine, kemungkinan akan mengembangkan batu ginjal meningkat tajam pada kehamilan.
  • Intake Cairan yang tidak Memadai
    Kekurangan mengkonsumsi air akan memberikan kontribusi pada urine sangat terkonsentrasi dengan tingkat tinggi mineral, seperti fosfor dan kalsium. Nutrisi dapat meningkatkan terjadinya pengembangan pada batu ginjal.
  • Asupan Kalsium
    Terlalu banyak kalsium dalam sistem tubuh dapat mengakibatkan pengembangan kristal dan menempatkan tekanan pada ginjal. Selama kehamilan penyerapan kalsium menjadi meningkat karena perkembangan bayi yang dapat mengakibatkan batu ginjal.
  • Infeksi Saluran Kemih
    Perubahan fisiologis selama kehamilan dapat mengembangkan risiko batu ginjal menjadi meningkat. Infeksi saluran kemih gigih dan kronis dapat menjadi indikator batu ginjal.
  • Usus Iritasi
    Banyak yang menderita sensitivitas pencernaan rentan terhadap batu ginjal. Hal itu disebabkan, karena peradangan kronis dari perut akan meningkatkan deposisi ion kalsium pada ginjal yang nantinya akan membentuk kristal.

Selain penyebab batu ginjal pada kehamilan, ada juga gejala yang ditimbulkan oleh batu ginjal terhadap ibu hamil. Berikut adalah beberapa gejala penyakit batu ginjal pada ibu hamil:

1. Adanya Darah dalam Urine
Batu bergerak secara spontan pada ginjal, yang menyebabkan terputusnya jaringan sel-sel di sekitarnya. Ada peningkatan hormon dan otot-otot di rongga perut selama kehamilan. Pergerakan batu ginjal dipicu dengan ketersediaan jalan yang mudah dan cepat untuk transit.

2. Sakit Selama Buang Air Kecil
Ketika batu-batu lepas dari ginjal melalui ureter yang disertai dengan kelembutan, menyebabkan nyeri hebat saat buang air kecil.

3. Nyeri di Ginjal Selama Kehamilan
Jika Anda mengalami nyeri selama kehamilan, Anda dapat membedakan rasa yang sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal bersifat progresif dan secara bertahap akan meningkat setiap harinya. Rasa sakit mengelilingi daerah pinggang sebelum pindah ke ureter bahkan disertai dengan kram dan demam.

4. Sakit Punggung
Sakit punggung adalah suatu kondisi yang terkait dengan kehamilan. Namun, batu ginjal juga bisa menyebabkan sakit punggung selama kehamilan, dan bisa menimbulkan rasa sakit yang parah. Nyeri yang berhubungan dengan batu ginjal biasanya dirasakan di daerah punggung bawah atau daerah pinggang, dan di perut bagian bawah.

Cara terbaik untuk mencegah batu ginjal selama kehamilan adalah dengan mempertahankan berat badan yang sehat, minum banyak air putih, dan makan makanan pendukung untuk mengatasi batu ginjal.

Itulah informasi tentang pengaruh batu ginjal pada kehamilan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat..
Pengaruh Batu Ginjal pada Kehamilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar