Senin, 30 Januari 2017

Pencegahan Batu Ginjal yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini

Pencegahan Batu Ginjal yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini,- Batu ginjal (kindney stone) adalah salah satu penyakit yang seringkali dialami oleh beberapa orang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, faktor keturunan, sering menahan buang air kecil, dan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet.

Secara alami, ginjal akan menurun kapasitas penyaringannya setelah seseorang berusia 30-40 tahun hingga sebesar 10%. Dan jika Anda meningkatkan beban kerja ginjal semenjak awal, maka risiko penyakit ginjal di kemudian hari pasti akan lebih tinggi.

Pencegahan Batu Ginjal yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini

Pencegahan Batu Ginjal yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini



Cara apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah batu ginjal sejak dini sehingga tidak berakibat fatal pada kesehatan saluran kemih Anda?  Berikut adalah cara untuk mencegah batu ginjal sejak dini:

1. Banyak Minum Air Putih

Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas atau lebih setiap hari, agar tubuh menjadi bugar dan kesehatan ginjal tetap terjaga. Apabila kita kurang minum, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan tanpa disadari akan menyebabkan beban kerja ginjal semakin berat. Ginjal tidak akan bertahan lama dan lama kelamaan akan menjadi rusak. Biasakanlah untuk minum air putih secara cukup meskipun Anda sedang tidak haus.

2. Rutin Berolahraga

Para ahli dan peneliti berpendapat bahwa obesitas sangat berkaitan dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal. Kelebihan berat badan akan menghadirkan risiko masalah ginjal menjadi dua kali lipat. Dengan berolahraga, diet sehat, serta mengatur pola makan seimbang bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal.

3. Menjaga Pola Makan

Mulailah sejak sekarang dengan menjaga pola makan Anda, jauhilah makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Makanan tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan pada ginjal. Maka dari itu aturlah pola makan Anda dan konsumsilah makanan sehat setiap hari agar kesehatan tubuh dan ginjal Anda tetap terjaga.

4. Tidak Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil sama saja dengan mencegah keluarnya kotoran tubuh yang salah satunya terdapat zat yang bisa membantu batu ginjal. Pencegahan batu ginjal bisa dilakukan dengan tidak menolak rasa ingin buang air kecil.

5. Hindari Mengkonsumsi Obat Sembarangan

Obat-obatan juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada ginjal, sebelum mengkonsumsi obat-obatan cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hindari mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan termasuk mengkonsumsi jamu diet atau pil-pil diet yang dijual di pasaran hanya akan menambah beban kerja pada ginjal Anda.

6. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Anda harus meninggalkan berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, begadang dan kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman-minuman berenergi. Karena kebiasaan buruk diatas akan memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan ginjal Anda dan bisa memicu terjadinya kerusakan pada ginjal.

Itulah cara mencegah batu ginjal sejak dini yang bisa Anda lakukan,  karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak awal, maka kemungkinan besar risiko batu ginjal dapat diatasi.
Semoga artikel ini bermanfaat..
Salam sehat, by http://penyakitbatuginjalherbal.blogspot.co.id/


Artikel Terkait:
Pencegahan Batu Ginjal yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar