Selasa, 31 Januari 2017

Manfaat Daun Sirsak untuk Batu Ginjal dan Resepnya

Manfaat Daun Sirsak untuk Batu Ginjal dan Resepnya,- Batu ginjal terjadi akibat penimbunan atau pembentukan garam kalsium dalam urine. Gumpalan batu ginjal yang terbentuk dapat menyumbat aliran urine yang akan keluar dari tubuh. Semakin lama batu ginjal maka akan semakin membesar dan menggumpal, sehingga jika membuang air kecil akan sakit dan menyebabkan infeksi pada saluran urine dan tubuh akan ikut merasakan sakit yang hebat.

Manfaat Daun Sirsak untuk Batu Ginjal dan Resepnya

Manfaat Daun Sirsak untuk Batu Ginjal

Sirsak (Annona Muricata L) adalah tanaman buah yang memiliki khasiat yang luar biasa. Sirsak berasal dari Amerika dan Meksiko. Di Indonesia sendiri nama sirsak berasal dari bahasa Belanda "Zuur Zak" yang artinya adalah kantong yang rasanya asam dan berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Selain buahnya yang enak dan segar, ternyata daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Daun sirsak mengandung senyawa alami seperti acetogenins, annocatin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomourine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleid acid, muricapentosin. Dengan kandungan alami tersebut, daun sirsak dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit batu ginjal.

Banyak cara untuk mengobati penyakit batu ginjal secara herbal dengan bahan alami dari tumbuhan seperti daun sirsak. Daun sirsak kaya akan manfaat sebagai salah satu obat kanker. Antioksidan pada daun sirsak dapat digunakan sebagai suplemen untuk merawat organ ginjal serta berfungsi sebagai obat herbal anti radang ginjal.

Memanfaatkan air rebusannya dalam bentuk teh adalah cara yang sederhana untuk mengolah daun sirsak. Secara umum, ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari daun sirsak. Yaitu ramuan dari daun yang masih segar dan ramuan dari daun kering. Proses pengolahan daun kering yaitu denagn menjemur daun segar selama kurang lebih 3 hari pada cuaca panas, dan bisa lebih jika cuaca kurang bersahabat.

Sebaiknya memilih daun yang bersih, tidak terlalu tua, tidak cacat, dan tidak berlubang. Daun segar maupun daun kering sama-sama memiliki manfaat dan khasiat luar biasa karena di dalam daun tersubut terdapat kandungan mineral, enzim, dan vitamin.

Mengolah daun sirsak segar menjadi teh, sangat mudah. Berikut adalah resep mengolah daun sirsak untuk batu ginjal:

Bahan: 

- 7 lembar daun sirsak segar
- 3 gelas air bersih
- 1 sdm madu

Caranya: 
  1. Bersihkan daun sirsak dengan air mengalir.
  2. Rebus daun tersebut sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusannya tersisa sekitar 1 gelas.
  3. Minum air rebusan daun sirsak dengan sedikit madu agar rasanya lebih enak, minum sebanyak 2 kali sehari.
Meskipun pengobatan dengan daun sirsak tidak sekali minum langsung sembuh, karena memerlukan proses yang cukup lama. Tetapi jika cara herbal ini dilakukan secara rutin dan terus menerus, endapan batu ginjal secara bertahap akan hancur dengan sendirinya dan larut bersama urine.

Itulah manfaat daun sirsak untuk batu ginjal dan resepnya yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat..

Manfaat Daun Sirsak untuk Batu Ginjal dan Resepnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar