Senin, 30 Januari 2017

Ciri-Ciri Seseorang Terkena Penyakit Batu Ginjal

Ciri-Ciri Seseorang Terkena Penyakit Batu Ginjal,- Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat penting sebagai tempat menyimpan urine, yang di salurkan ke kandung kemih kemudian di keluarkan berupa air seni. Keberadaan sebuah batu di saluran kemih dapat menyebabkan rasa sakit seperti pendarahan dan infeksi yang disebabkan oleh saluran kemih terhambat. Batu ini dapat terbentuk di dalam ginjal maupun di dalam kandung kemih, proses ini disebut urolitiasis.

Ciri-Ciri Seseorang Terkena Penyakit Batu Ginjal


Batu ginjal terbentuk karena banyaknya pengkristalan berbagai zat di dalam ginjal yang kemudian membentuk gumpalan, apabila sudah terkumpul akan menyebabkan penyakit batu ginjal. Batu ginjal memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari seukuran gula pasir hingga seukuran bola ping pong. Berikut adalah ciri-ciri orang yang terkena penyakit batu ginjal:

1. Sakit Saat Buang Air Kecil

Air urine yang keluar saat buang air kecil merupakan bagian dari fungsi ginjal, dan ketika organ ginjal mendapati masalah batu ginjal, maka pada saat buang air kecil akan merasakan sakit yang sangat hebat. Bahkan beberapa kasus, ada penderita yang tidak tahan dengan rasa sakitnya ini.

2. Sakit pada Bagian Punggung

Ketika Anda terkena penyakit batu ginjal, Anda akan merasakan rasa yang sangat nyeri dan menyiksa di bagian punggung tepatnya di bawah pinggul. Tempat ini merupakan tempat ginjal, sehingga jika terjadi sesuatu bagian ini pasti akan terasa sakit dan nyeri.

3. Rasa Sakit yang Menyebar

Ketika punggung terasa sakit, maka rasa sakitnya akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan, karena di bagian punggung terdapat saraf-saraf tubuh yang saling terhubung dengan bagian tubuh lainnya. Jika hal ini terjadi, maka penderitanya akan sangat tersiksa.

4. Mual dan Muntah

Ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urine, hal ini menyebabkan rasa sakit yang dapat memicu rasa mual dan muntah pada penderita batu ginjal.

5. Adanya Darah dalam Urine

Hal ini terjadi ketika batu yang ada di ginjal terdorong menuju ke ureter, sehingga terjadi gesekan antara batu ginjal dengan dinding ureter yang mengakibatkan darah bercampur dengan urine.

6. Demam dan Menggigil

Jika sudah terjadi peradangan pada ginjal, artinya sudah terjadi infeksi pada organ ginjal. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mengalami demam tinggi dan menggigil.

Ciri-ciri di atas merupakan yang paling umum, tetapi ada juga yang tanpa gejala. Cara yang sederhana untuk pengobatan batu ginjal adalah sering minum air putih agar batu ginjal yang berada di saluran kemih bisa terbuang secara perlahan. Demikian informasi tentang ciri-ciri orang yang terkena penyakit batu ginjal yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat
Ciri-Ciri Seseorang Terkena Penyakit Batu Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar